Custom Search

Rabu, 12 November 2008

How can power cord affect in sound quality ?

Hobi di dunia audio high end memerlukan perhatian yang tidak sedikit. Banyak yang harus diperhatikan dari detail terkecil agar berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan.

Salah satunya adalah penggunaan power cord untuk menyuplai listrik ke perangkat audio. Banyak pehobi audio yang saya jumpai mengganti power cord ini untuk menghasilkan suara yang lebih baik. Awalnya saya tidak percaya bahwa dengan mengganti kabel listrik tersebut bisa merubah keseluruhan kualitas suara.
Kesempatan untuk tes power cord tersebut akhirnya datang. Pada waktu itu salah satu penjual audio high end meminjamkan power cord Marigo. Dipinjami tentunya tidak menolak bukan ? Ok, langsung lanjut tes, power cord tersebut saya hubungkan dari Marigo power distributor ke 2 buah power amp JADIS JA100 saya yang mana merupakan monoblock power amp.
Lagu pertama tes, wahhh.. saya benar2 surprise, kualitas suara benar2 meningkat drastis. Trebel lebih open namun tidak bikin fatique, vocal lbh basah dan tetap di tengah tidak goyang, dan yang paling terdengar adalah bass yang dihasilkan labih bulat dan control, tidak ada ekor.
Sekarang saya percaya bahwa dengan penggantian power cord dapat mempengaruhi reproduksi suara.
Untuk teorinya saya tidak begitu paham, mungkin power cord yang lebih bagus mempunya daya hantar dan dapat meminimalisasi gangguan sinyal dari luar sehingga sinyal listrik yang dihasilkan menjadi lebih bersih.


0 komentar: